Rundown Sejarah Chelsea di Final Piala FA dari Tahun ke Tahun, Bagaimana Dengan Final Musim ini

- 18 April 2022, 11:16 WIB
Rundown Sejarah Chelsea di Final Piala FA dari Tahun ke Tahun, Bagaimana Dengan Final Musim ini
Rundown Sejarah Chelsea di Final Piala FA dari Tahun ke Tahun, Bagaimana Dengan Final Musim ini /Gambar Chelseafc

JURNAL NGAWI - Setelah mengalahkan Crystal Palace dengan kemenangan 2-0 di semifinal, Chelsea akan menghadapi Liverpool di Final Piala FA pada 14 Mei 2022.

Ini adalah pengaturan yang sering terjadi bagi kedua tim — mereka berhadapan pada bulan Februari di final Piala Liga, The Reds menang pada kesempatan itu berkat kemenangan adu penalti 11-10.

Namun, kedua tim memiliki sejarah berbeda dalam kompetisi ini. Chelsea telah memenangkannya delapan kali dalam sejarah mereka, yang lebih sukses daripada yang mereka capai di kompetisi lainnya.

Chelsea telah berada di 15 final secara total, hanya memenangkan lebih dari setengahnya. Dari tujuh kekalahan mereka, tiga diantaranya terjadi dalam beberapa tahun terakhir, dan empat dari lima final Piala FA terakhir.

Chelsea mengangkat trofi pada 2018, mengalahkan Manchester United 1-0, namun Chelsea juga menderita kekalahan 2-1 dari Arsenal pada 2017 dan 2020, serta kekalahan 1-0 dari Leicester City setahun yang lalu. Kekalahan itu membuat The Blues merasa terpukul.

Sejarah Kemenangan Chelsea Pada Piala FA.
Chelsea memenangkan Piala FA pertama mereka pada tahun 1970, Blues asuhan Dave Sexton berhadapan dengan Leeds United asuhan Don Revie.

Setelah bermain imbang 2-2 di Wembley, kedua tim memainkan pertandingan ulang di Old Trafford. Leeds United unggul lebih dulu melalui Michael Jones di babak pertama, sebelum Peter Osgood menyamakan kedudukan dengan 12 menit tersisa.

Pertandingan berlanjut ke perpanjangan waktu dan, setelah 104 menit, David Webb mencetak gol yang memenangkan trofi untuk Chelsea. Kemenangan dirasakan kembali setelah 27 tahun, Roberto Di Matteo mencetak gol di menit pertama dalam kemenangan 2-0 atas Middlesbrough.

Chelsea kemudian menang lagi pada tahun 2000. The Blues, yang dilatih oleh Gianluca Vialli, mengalahkan Aston Villa asuhan John Gregory 1-0. Di Matteo, yang akan mengangkat trofi sebagai manajer Chelsea pada 2012, mencetak satu-satunya pertandingan di menit ke-73. Itu adalah final Piala FA terakhir yang dimainkan di Stadion Wembley yang lama sebelum diturunkan dan dibangun kembali.

Pada tahun 2007, tim Jose Mourinho menghadapi Manchester United asuhan Sir Alex Ferguson. Pertandingan tersebut adalah final Piala FA pertama yang dimainkan di Stadion Wembley yang baru, pertandingan tersebut telah dimainkan di Stadion Millenium di Cardiff selama pembangunannya. Final saat itu cukup membosankan karena berakhir 0-0 setelah 90 menit. Ini adalah final ketiga berturut-turut yang masuk ke perpanjangan waktu dan, pada kesempatan ini, gol menit ke-116 Didier Drogba membuktikan kemenangan.

Halaman:

Editor: Anwar Thohir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah