Jay Idzes Resmi Jadi WNI Bisa Langsung Perkuat Timnas Indonesia di Piala Asia Qatar?

- 28 Desember 2023, 12:00 WIB
Resmi, pemain keturunan Belanda Jay Idzes ambil sumpah menjadi WNI
Resmi, pemain keturunan Belanda Jay Idzes ambil sumpah menjadi WNI /Instagram / pssi/

JURNAL NGAWI - Jay Idzes telah resmi jad Warga Negara Indonesia (WNI), pemain keturunan Belanda ini menjalani sumpah di Kantor Kemenkumham Jakarta, Kamis 28 Desember 2023. Namun, bek 23 tahun itu tidak bisa langsung perkuat Timnas Indonesia untuk Piala Asia Qatar.

Meski telah melalui proses naturalisasi dan sudah menjalani sumpah sebagai WNI namun Jay Idzes tidak bisa langsung jalani debut bersama Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 Qatar.

Pemain yang kini membela klub Serie B Italia, Venezia FC itu, akan lebih dulu menjalani proses pindah federasi dari KNVB Belanda ke PSSI Indonesia.

Selain itu, Jay Idzes masih mengalami cedera yang didapat saat membela Venezia FC di Serie B Italia melawan AC Reggiana 1919 pada 22 Oktober 2023.

Karena beberapa alasan itu, kemungkinan besar Jay Idzes bisa perkuat Timnas Indonesia setelah Piala Asia Qatar yakni di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Baca Juga: Setelah Jay Idzes ini Pemain Keturunan Indonesia Grade A yang Segera jadi WNI

Profil dan Statistik Jay Idzes di Liga Italia

Jay Idzes mengawali karier sepak bola di klub amatir SC Brabant, kemudian gabung ke akademi PSV Eindhoven pada tahun 2014.

Karier sepak bola Jay Idzes sebelum di Venezia banyak dihabiskan bermain untuk klub-klub Liga Belanda. Mulai dari Helm Jugen, VVV Venlo U17, Eindhoven U17 hingga U19.

Setelah bermain untuk tim senior FC Eindhoven, pemain yang memiliki tinggi badan 191 cm itu dipinang Go Ahead Eagles pada tahun 2020 dengan nilai transfer Rp 6,08 miliar menurut laman transfermarket.

Halaman:

Editor: Zayyin Multazam Sukri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x