Tangan Dingin Shin Tae-yong Bawa Timnas Indonesia naik 41 peringkat di ranking FIFA

- 5 April 2024, 19:49 WIB
Shin Tae-yong buka suara soal kapan Nathan Tjoe-A-on gabung Timnas Indonesia di TC Piala Asia U-23
Shin Tae-yong buka suara soal kapan Nathan Tjoe-A-on gabung Timnas Indonesia di TC Piala Asia U-23 /PSSI.org/

JURNAL NGAWI - Tangan dingin Shin Tae-yong (STY) telah membuktikan kepiawaiannya dengan membawa peringkat FIFA Timnas Indonesia melonjak secara signifikan. Dalam rilis terbaru FIFA pada Kamis (4/4/2024), Indonesia naik delapan peringkat dari posisi 142 menjadi 134 dunia.

Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) mencatat lonjakan peringkat yang mengesankan bagi Skuad Garuda. Bahkan, Indonesia kini berhasil melampaui Malaysia di ranking FIFA, suatu prestasi yang belum terjadi sejak 2018.

Lonjakan peringkat Indonesia ini tak lepas dari dua kemenangan penting atas Vietnam. Dalam pertemuan di Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026, Skuad Garuda berhasil mengalahkan Vietnam dua kali.

Baca Juga: Nathan Tjoe-A-On dan Alfeandra Dewangga Batal Gabung Timnas Indonesia U23 Krisis Bek Tengah

Pada pertandingan pertama di SUGBK pada 21 Maret 2024, Indonesia memenangi pertandingan dengan skor 1-0. Sementara itu, di pertemuan kedua di Stadion My Dinh, Hanoi, pada 26 Maret 2024, Asnawi dkk mengamankan kemenangan dengan skor 3-0.

Dengan demikian, Shin Tae Yong mampu meningkatkan posisi Indonesia sebanyak 41 peringkat dalam ranking FIFA. Sebelum kepemimpinan STY, Indonesia berada di ranking FIFA ke-175 pada September 2021.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memberikan apresiasi atas pencapaian yang luar biasa ini. "Hasil ini patut kita syukuri, Alhamdulillah atas pencapaian ini," ujar Erick Thohir, mengungkapkan rasa syukurnya.

Erick juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung Timnas Indonesia. "Semoga ke depannya akan terus lebih baik," tambahnya.

Baca Juga: Catatan Statistik Calvin Verdonk Pemain Naturalisasi Terbaru Timnas Indonesia

Halaman:

Editor: Hafidz Muhammad Reza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x